10 Klub Juara Liga Europa Terbanyak

Sevilla adalah klub yang paling banyak meraih gelar juara pada kejuaraan sepak bola Liga Europa. Klub yang berasal dari kota Sevilla, Spanyol ini sudah meraih gelar juara sebanyak 5 kali sampai saat ini.

Turnamen sepak bola antar klub di Eropa ini dimulai sejak musim 1971-72 dan pada awalnya dinamakan Piala UEFA (UEFA Cup) di mana pesertanya adalah klub-klub liga teratas dari negara-nagara Eropa yang tidak masuk kualifikasi Liga Champions.

Baca juga: 10 Klub Juara Liga Champions Terbanyak

Sejak tahun 2009, nama Piala UEFA diubah menjadi Liga Europa (UEFA Europa League) dengan format kejuaraan seperti yang kita kenal saat ini, dan sejak musim 2014-15, juara Liga Europa ini berhak mengikuti Liga Champions pada musim berikutnya jika klub tersebut gagal masuk ke Liga Champions melalui jalur liga negara.

Klub yang menjadi juara pada turnamen terakhir adalah Chelsea dari Inggris setelah di final mengalahkan Arsenal yang juga dari Inggris skor 4-1 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan  pada tanggal 29 Mei 2019.

Baca juga: 10 Klub Juara Piala Super Eropa Terbanyak

Sejak diadakan pertama kali pada musim 1971-72 sampai saat ini, kejuaraan ini telah diadakan sebanyak 48 kali dan10 klub yang paling banyak pernah manjadi juara adalah:

Dalam pemeringkatan di atas, jika terdapat dua klub atau lebih yang mempunyai jumlah juara yang sama, maka klub yang mempunyai jumlah runner-up yang lebih banyak akan berada di posisi yang lebih atas, dan jika jumlah juara dan runner-up sama, maka klub yang yang lebih dahulu menjadi juara atau runner-up tersebut akan berada di posisi yang lebih atas.

Baca juga: 10 Klub Juara Piala Winners Terbanyak

Sebenarnya Feyenoord (Belanda), Porto (Portugal), dan Chelsea (Inggris) juga pernah menjadi juara sebanyak dua kali, di mana Feyenoord mendapat gelar keduanya tahun 2002, Porto tahun 2011, dan Chelsea tahun 2019. Namun yang dimasukkan di peringkat ke-8, ke-9, dan ke-10 adalah Real Madrid, IFK Goteborg, dan Parma yang lebih dahulu merebut gelar juara kedua kalinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*