10 Negara dengan Klub Juara Liga Champions Terbanyak

Sampai dengan final turnamen terakhir pada tahun 2019 yang dimenangkan oleh Liverpool setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di partai final, Liga Champions telah diselenggarakan sebanyak 64 kali.

Liga Champions atau UEFA Champions League adalah turnamen sepak bola antar klub kasta tertinggi di Eropa yang yang telah dimulai sejak tahun 1955. Awalnya turnamen ini dinamakan Piala Champions (European Champion Clubs’ Cup atau European Cup), namun seiring dengan perjalanan waktu, turnamen ini mengalami beberapa perubahan format sampai dengan format Liga Champions seperti yang kita kenal saat ini.

Lalu, negara manakah yang klub-klubnya paling banyak berhasil menjuarai Liga Champions?

Spanyol berada di posisi pertama sebagai negara yang klub-klubyna paling banyak berhasil menjadi juara Liga Champions, yaitu sebanyak 18 kali, setelah dua klubnya Real Madrid dan Barcelona masing-masing berhasil menjadi juara sebanyak 13 kali dan 5 kali.

Posisi kedua ditempati oleh Inggris dengan 13 kali juara setelah Liverpool 6 kali juara, Manchester United 3 kali juara, Nottingham Forest 2 kali juara, serta Aston Villa dan Chelsea masing-masing 1 kali juara.

Disusul oleh Italia di posisi ketiga dengan 12 kali juara melalui klub-klubnya AC Milan 7 kali juara, Inter Milan 3 kali juara, dan Juventus 2 kali juara.

Sementara itu Jerman di posisi keempat dengan 7 kali juara, diikuti oleh Belanda di posisi kelima dengan 6 kali juara dan Portugal di posisi keenam dengan 4 kali juara.

Posisi ketujuh sampai dengan kesepuluh ditempati oleh Perancis, Skotlandia, Romania, dan Yugoslavia dengan masing-masing satu kali juara.

Urutan selangkapnya 10 negara dengan klub juara Liga Champions terbanyak adalah:

Selain kesepuluh negara di atas, tidak ada negara lain yang klub-klubnya berhasil menjadi juara Liga Champions, atau dengan kata lain baru ada 10 negara yang klub-klubnya berhasil menjadi juara Liga Champions sampai saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*