10 Negara Terkecil di Dunia

Tahukah Anda jika luas wilayah negara terkecil dunia adalah sebesar 0,44 km2 atau sebesar 44 hektar saja?

Ya, memang benar adanya. Itu adalah luas wilayah dari negara terkecil di dunia, yaitu Vatikan. Negara yang terletak di tengah kota Roma, Italia, tersebut memang hanya memiliki luas wilayah sebesar 44 hektar saja.

Baca juga: 10 Negara Terluas di Dunia

Lalu, negara-negara mana saja yang merupakan negara dengan luas wilayah terkecil di dunia? Dari data-data yang ada, kami mengurutkan 10 negara yang memiliki luas wilayah terkecil di dunia, di mana luas wilayah di sini adalah luas wilayah daratan ditambah luas wilayah air permukaan seperti sungai, danau, dan sejenisnya, namun tidak termasuk luas wilayah laut teritorial yang berjarak 12 mil dari garis pantai.

Berikut adalah uraian singkat negara-negara tersebut.

1. Vatikan


Vatikan atau Negara Kota Vatikan merupakan sebuah negara yang dikelilingi oleh tembok di dalam kota Roma, Italia. Dengan luas wilayah sebesar 44 hektar dan jumlah penduduk sekitar 1.000 jiwa (perkiraan 2017), negara ini merupakan negara terkecil di dunia, baik dari sisi luas wilayah maupun dari jumlah penduduk.

Negara ini dipimpin oleh Paus dan para pejabat tinggi negara ini adalah rohaniawan Katolik yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Lihat lokasi negara Vatikan

2. Monako

Monako atau dalam bahasa resminya disebut Kepangeranan Monako adalah sebuah negara monarki yang terletak di Eropa Barat, di mana ketiga sisinya berbatasan dengan negara Perancis dan satu sisinya berbatasan dengan Laut Tengah.

Negara dengan penduduk 38.695 jiwa (perkiraan 2016) ini dikenal memiliki iklim yang nyaman, pemandangan yang indah, dan fasilitas perjudian di daerah Monte Carlo, yang membuat Monako dikenal sebagai pusat rekreasi untuk orang-orang kaya di dunia, di samping juga sebagai salah satu pusat perbankan.

Lihat lokasi negara Monako

3. Nauru

Nauru atau Republik Nauru adalah sebuah negara yang terletak di Kepulauan Mikronesia, di Samudra Pasifik. Negara ini tidak mempunyai ibu kota resmi, namun memiliki pusat pemerintahan yang berada di Distrik Yaren.

Jumlah penduduk negara ini 13.649 jiwa (perkiraan 2017) dan sejak tahun 2012 negara ini sangat bergantung pada negara Australia setelah cadangan deposit fosfat yang menjadi sumber utama penghasilan negara ini di masa lalu mulai habis.

Lihat lokasi negara Nauru

4. Tuvalu

Tuvalu atau yang dahulu dikenal dengan nama Kepulauan Ellice adalah sebuah negara yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik.

Negara yang beribu kota Tunafuti ini berpenduduk 11.192 jiwa (perkiraan 2017) dan memiliki penghasilan utama dari sector pertanian dan lisensi perikanan.

Lihat lokasi negara Tuvalu

5. San Marino

San Marino adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh negara Italia dan merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia, ketika dididirikan oleh Santo Marinus pada 3 September 301.

Negara ini mempunyai penduduk sebanyak 33.400 jiwa (perkiraan 2017) dan memiliki penghasilan utama dari perbankan dan pariwisata.

Lihat lokasi negara San Marino

6. Liechtenstein

Liechtenstein adalah sebuah negara monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang pangeran. Negara ini terletak di sebelah timur Sungai Rhein serta di antara negara Austria dan Swiss. Ibu kota negara ini adalah Vaduz.

Jumlah penduduk Liechtenstein berjumlah 38.557 (perkiraan 2019) dan penghasilan utama negara ini dari sektor perbankan dan pariwisata.

Lihat lokasi negara Liechtenstein

7. Kepulauan Marshall

 

Kepulauan Marshall adalah sebuah negara republik yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Negara ini memiliki jumlah penduduk 53.127 (perkiraan 2017) dan anggaran tahunan negara ini diperoleh dari bantuan Amerika Serikat. Ibu kota negara ini adalah Majuro.

Lihat lokasi negara Kepulauan Marshall

8. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia dan beribu kota di Basseterre.

Negara ini berpenduduk 55.345 jiwa (perkiraan 2017) dan memiliki penghasilan utama dari sektor pariwisata.

Lihat lokasi negara Saint Kitts dan Nevis

9. Maladewa

Maladewa adalah sebuah negara republik yang terletak di Samudera Hindia, sekitar 700 km sebelah barat daya negara Sri Lanka. Ibu kota negara ini adalah Male.

Penduduk negara ini berjumlah 436.330 jiwa (perkiraan 2017) dan memiliki penghasilan utama dari sektor pariwisata.

Lihat lokasi Negara Maladewa

10. Malta

Malta adalah sebuah negara republik yang terletak di Laut Tengah, sekitar 80 km dari negara Italia. Negara ini beribu kota Valletta dan memiliki jumlah penduduk 493.559 jiwa (perkiraan 2019).

Penghasilan utama negara ini berasal dari sector industry manufaktur, pariwisata, dan jasa keuangan.

Lihat lokasi Negara Malta

Demikian sekilas uraian tentang 10 negara yang memiliki wilayah terkecil di dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*