10 Provinsi Termuda di Indonesia

Pemekaran wilayah di Indonesia adalah pembentukan wilayah administratif baru baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota dari wilayah induknya.

Tujuan dari pemekaran wilayah ini adalah meningkatkan pelayanan publik guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat, dengan dasar pertimbangan kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, jumlah penduduk, luas wilayah, dan pertimbangan lain yang memungkinkan terselenggaranya otonomi daerah.

Saat ini Indonesia memiliki 34 provinsi, dan yang menjadi provinsi termuda adalah Provinsi Kalimantan Utara yang diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2012 sebagai hasil dari pemekaran Provinsi Kalimantan Timur.

Berikut adalah tabel 10 provinsi termuda di Indonesia, berikut nama provinsi asal dan tanggal terbentuknya provinsi tersebut.

Sebagai catatan, Provinsi Papua yang terbentuk pada tanggal 1 September 1969 di atas adalah provinsi yang terbentuk di Pulau Papua bagian barat yang saat ini wilayahnya adalah gabungan Provinsi Papua dan Papua Barat, setelah dunia internasional mengakui Pulau Papua bagian barat adalah bagian dari Negara Indonesia. Pada era orde baru, provinsi ini disebut Provinsi Irian Jaya.

Selain itu dari tanggal 17 Juli1976 sampai dengan tanggal 19 Oktober 1999, pada saat negara Timor Leste menjadi bagian dari nagara Indonesia, wilayah negara tersebut yang berada di bagian timur Pulau Timor tersebut dijadikan satu provinsi di Indonesia dengan nama Provinsi Timor Timur, dan saat itu menjadi provinsi ke 27 dari Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*