10 Tahun Terakhir Cadangan Devisa Indonesia

Cadangan devisa Indonesia pada akhir tahun 2019 adalah sebesar 129,183 miliar US$ atau naik sebesar 7,07% jika dibandingkan dengan akhir tahun 2018 yang sebesar US$ 120,654 miliar.

Cadangan devisa atau dalam bahasa Inggris disebut foreign exchanges reserves adalah asset yang dimiliki oleh bank sentral dan/atau otoritas moneter dari suatu negara, biasanya dalam mata uang cadangan yang berbeda walau sebagian besar dalam mata uang Dolar Amerika Serikat dan digunakan untuk mendukung kewajibannya.

Cadangan devisa Indonesia dihitung dengan menggunakan konsep International Reserves and Foreign Currency Liquidity (IRFCL) atas dasar harga berlaku dengan format Official Reserve Asset (ORA). Konsep IRFCL hanya mencakup asset yang tergolong likuid dengan penilaiannya menggunakan kurs yang berlaku pada saat akhir periode laporan.

Berdasarkan data-data yang dirilis oleh Bank Indonesia pada setiap akhir tahun selama 10 tahun terakhir, maka cadangan devisa terbesar terjadi pada akhir tahun 2017 dengan nilai cadangan devisa sebesar US$ 130,196 miliar.

Berikut adalah data besarnya cadangan devisa Indonesia pada setiap akhir tahun selama 10 tahun terakhir.

Sumber: Bank Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*